Waduk Whyllyana

  • Aug 11, 2022

Desa Sekarbanyu mempunyai banyak pesona wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Waduk Whyllyana. Waduk yang terletak di sebelah selatan Balai Desa Sekarbanyu ini menawarkan pesona keindahan dan juga berbagai kegiatan lainnya seperti kegiatan memancing. Nama Whyllyana sendiri mungkin terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Waduk tersebut dinamakan dengan bahasa asing dikarenakan sejarah waduk itu sendiri yang sudah ada sejak masa kolonialisme Belanda.

 

Waduk Whyllyana yang masih asri dan dipenuhi dengan bunga teratai membuat waduk ini cocok menjadi tempat untuk healing dan menenangkan pikiran selepas penat sambil menikmati udara sejuk desa. pemandangan rumput dan pohon di sekitar waduk yang masih natural juga menambah daya tarik tersendiri bagi waduk ini. Memancing merupakan kegiatan lain yang bisa dilakukan ketika berada di waduk Whyllyana. Kegiatan ini merupakan salah satu potensi unggulan yang ada pada waduk Whyllyana. Banyak warga desa yang memancing ikan di sore hari baik untuk dimakan, dijual ataupun hanya untuk menghibur diri dengan teman dengan berlomba memancing.

 

Selain untuk wisata dan ekonomi, Waduk Whyllyana juga menyelasaikan masalah cadangan air. Waduk Whyllyana digunakan sebagai cadangan air untuk Desa Sekarbanyu. Dengan banyaknya potensi desa tersebut, masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan waduk agar kualitas air waduk tetap baik. Selain itu, dengan terjaganya kebersihan waduk juga dapat mempertahankan kenyamanan waduk sebagai tempat wisata dan tempat pemancingan.