Bisnis Manis Komoditas Tebu

  • Aug 11, 2022

Desa Sekarbanyu adalah sebuah desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Desa Sekarbanyu terletak di dataran tinggi yang dikelilingi bukit dan kebun. Kondisi cuaca dan suhu di Desa Sekarbanyu cenderung sejuk. Lokasi ini cocok untuk dimanfaatkan menjadi lahan perkebunan berbagai jenis tanaman. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan oleh warga desa untuk membuka lahan perkebunan kopi dan tebu. Di antara rumah warga dapat ditemui kebun tebu. Keberadaan kebun tebu ini pun membukakan lapangan pekerjaan baru bagi warga desa. Banyak warga desa yang akhirnya menjadi petani tebu. 

Tanaman tebu umumnya membutuhkan waktu 1 tahun untuk panen. Jumlah hasil panen yang didapatkan tidak menentu. Hal ini dipengaruhi oleh cuaca dan nutrisi. Sebagian besar hasil panen tebu dari desa Sekarbanyu dikirim langsung ke PT. Rajawali Nusantara Indonesia atau Pabrik Gula Krebet. Sebagian lainnya dikirim ke Pabrik Gula Kebon Agung. Pengiriman hasil panen biasanya menggunakan truk yang memuat tebu dalam jumlah banyak. Demi menjaga jumlah panen yang tinggi, kebersihan air dan lingkungan kebun harus selalu dijaga.

Selain komoditas tebu, desa Sekarbanyu juga memiliki komoditas kopi. Hampir semua warga desa memiliki tanaman kopi di sekitar rumahnya. Bahkan ada warga yang memiliki kebun kopi. Hasil panen kopi juga dipengaruhi oleh cuaca. Hasil panen kopi umumnya dijual ke pengepul atau dijual sendiri oleh petani dengan cakupan pasar yaitu area Malang Raya hingga luar kota. Biji kopi yang dijual biasanya sudah kering atau siap oven dan giling.